Amazing Malang City

Malang termasuk kota yang sering dikunjungi banyak orang, baik dari luar kota maupun luar pulau. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya wisatawan dari luar kota yang selalu berlibur di kota malang. Malang menyediakan berbagai tempat rekreasi, baik tempat rekreasi modern seperti Taman Rekreasi Sengkaling, Jatim Park atau tempat rekreasi kuno seperti candi Singosari, candi Jago, dll.

                 imagesd1510065a20d21b4e895c62d41f05a02

Selain itu, mahasiswa luar kota atau luar pulau juga ikut meramaikan dunia pendidikan. Fasilitas pendidikan yang memadai dan suasana kota Malang yang sejuk menjadikannya sangat cocok untuk menempuh pendidikan. Sarana transportasinya memadai dan biaya hidup juga relatif terjangkau. Banyaknya pilihan universitas negeri dan swasta bergengsi di malang menjadi faktor alasan malang banyak didatangi pelajar dari seluruh indonesia. Itulah yang menjadikan Malang memperoleh predikat Kota Pendidikan.

ub

Kota malang memiliki budaya yang beragam salah satunya adalah boso walikan (bahasa kebalikan). Bahasa ini merupakan bahasa yang menjadi ciri khas kota malang. Bahasa tersebut hanya mengenal satu cara baik pengucapan maupun penulisan yaitu secara terbalik dari belakang dibaca kedepan. Bahasa ini masih digunakan sampai sekarang alasannya untuk menunjukkan identitas mereka sebagai arek malang. Selain boso walikan budaya lain dari kota malang yaitu tarian topeng malangan, pesta rakyat yang diselenggarakan tiap tahun yaitu MTD (Malang Tempo Doeloe), dan bantengan. Bantengan biasanya diselenggarakan pada hari besar seperti upacara keagamaan, atau hari kemerdekaan.

    Topeng Malang_frm karimun-topeng4                              banteng1

Malang dijuluki Kota Dingin karena letak geografis Malang yang dikelilingi pegunungan, yakni Gunung Arjuno Welirang, Gunung Kawi-Panderman, dan Gunung Bromo-Semeru. Lokasinya yang berada di dataran tinggi serta dikelilingi gunung inilah yang membuat hawa di Malang terasa lebih dingin daripada daerah-daerah di sekitarnya. Namun sayang, polusi dan jarangnya pohon yang nampak di jalanan kota telah membuat Malang kini terasa lebih panas.

Masyarakat Malang juga terkenal dengan klub sepak bola arema yang bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang, serta menjunjung tinggi kebersamaan. Bahkan dimanapun klub arema berlaga, lautan berwarna biru (warna arema) pasti selalu hadir untuk mendukung tim kesayangan.

arema

Yang terkenal lagi dari kota malang yaitu makanannya yang tak kalah menggoda. Ada bakso bakar, bakso malang, burger buto yakni burger yang berukuran besar seperti buto, pos ketan yang menawarkan aneka ketan berbubuk, bahkan aneka mie seperti mie jogging, mie ramen, mie galau, mie ceker setan, mie tomcat, yang pada dasarnya sama yakni menawarkan pedas berlevel. Tak sedikit masyarakat luar kota yang ingin mencicipi aneka kuliner yang ada di Malang. Oleh-oleh dari kota malangpun beragam. Dari buah-buahan, sayur, aneka keripik, dan sovenir lainnya.

118044fca0cc632ede48f3d91cbee03f pos ketan

Anda tentu ingin mencobanya bukan? Makanya langsung saja datang ke malang hehehe..

Sumber :

http://forum.jalan2.com/topic/10221-dapoer-mie-galau/

http://www.aremafc.com/wp-content/uploads/2013/01/Starting-line-up-Arema-saat-melawan-Persidafon.jpg

https://nunkiyudielnathika.files.wordpress.com/2014/07/310ba-dsc_0401.jpg

http://www.museumwayang.com/wayang/gambar%20wayang/Topeng%20Malang_frm.jpg

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s